Usulan Terapkan Web 2.0 melalui BOD Talk dan Leaders Corner
Setiap karyawan dapat menjadi media sehingga karyawan dapat menjadi jurnalis yang mewartakan kegiatan perusahaan berikut aspirasi karyawan untuk peningkatan citra dan reputasi perusahaan. Saat ini Urusan Komunikasi Perusahaan telah mengakomodasi hal tersebut melalui website ptpn10.co.id dan inhouse magazine PTPN X-MAGZ. Dalam website, korporasi memberikan kesempatan kepada karyawan dan batihnya untuk berkontribusi dalam penulisan berita dan artikel di website. Selain itu mereka juga diberi ruang untuk mengirimkan foto dan video kegiatan unit usaha dan anak perusahaan. Naskah, foto, dan video yang dimuat di website ptpn10.co.id juga dimuat di www.publik.bumn.go.id (website Kementerian BUMN).
Tahun 2013, lebih dari 480 naskah yang masuk di website internal, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah naskah tahun 2012 sejumlah 280 naskah. Sedangkan dalam majalah, kami juga mengapresiasi tulisan karyawan di beberapa rubrik seperti Varietas (variasi kegiatan perusahaan)- dulu Kronika dan Okra (opini karyawan)- dulu Opini. Kami juga menampung komentar dan sudut pandang karyawan non pimpinan di rubrik Lorong Aspirasi (Lori).
Selama dua tahun terakhir, kami juga mengapresiasi karyawan yang gemar menulis untuk peningkatan kinerja perusahaan dengan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Internal. Yang menarik untuk LKTI tahun 2014, banyak karyawan yang menulis tema pergulaan meskipun bidang usaha yang digeluti bergerak di sektor pertembakauan, rumah sakit, dan bioethanol. Hal ini menunjukkan bahwa sense of belonging karyawan terhadap perusahaan cukup tinggi.
Agar tidak hanya karyawan non pimpinan yang berkontribusi, akan lebih lengkap dan berwarna apabila direksi dan karyawan pimpinan juga berkiprah sama. Kami mengusulkan penambahan dua fitur di website, yakni BOD Talk dan Leaders Corner. BOD Talk berisi tulisan para direksi baik baik berupa motivasi kepada karyawan, usulan, sudut pandang, rencana tindak lanjut (RTL) maupun komentar mengenai perusahaan, kebijakan, dan fenomena di tengah masyarakat.
Hal yang sama juga untuk Leaders Corner. Kontributor leaders corner adalah para pejabat puncak, kepala urusan, dan manager dari kantor direksi, unit usaha maupun anak perusahaan. (OPI_Sekper)
Terdapat 0 komentar
Silahkan tambahkan komentar