Membidik Pasar Korporasi (Bagian I)
Lingkungan dunia yang mengalami perubahan seperti adanya globalisasi, kontrol masyarakat, perkembangan teknologi, memberikan dampak bagi perkembangan suatu negara maupun bisnis. Kontrol masyarakat kian ketat terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan maupun perusahaan, sehingga pemerintah maupun pemimpin perusahaan tidak dapat membuat kebijakan yang mengabaikan kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu dalam menjalankan kegiatannya perlu adanya keselarasan antara kompetensi yang dimiliki perusahaan maupun pemerintah dengan lingkungan eksternal mereka.
Pertimbangan global praktis berdampak pada keputusan strategis, dimana batas-batas negara diabaikan. Mengetahuidan menghargai dunia dari perspektif orang lain telah menjadi masalah hidup atau mati untuk bisnis. Dengan demikian perlu adanya kegiatan dalam pengambilan keputusan yang disesuaikan antara kemampuan yang dimiliki dengan lingkungan yang ada di sekitar sehingga perlunya adanya manajemen strategi. Manajemenstrategis tergantung pada manajer, baik itu mengenai pesaing, pasar, harga, pemasok, distributor, pemerintah, kreditur, pemegang saham dan pelanggan diseluruh dunia. Harga dan mutu dari produk dan jasa perusahaan harus dapat bersaing di seluruh dunia, bukan hanya di pasar lokal.
Persaingan yang memunculkan daya saing erat kaitannya dengan pemahaman mekanisme pasar (standar dan benchmarking), kecepatan dan ketepatan penyampaian produk (barang dan jasa) yang mampu menciptakan nilai tambah. Oleh karena itu peningkatan daya saing organisasi bersifat unik tetapi pada intinya dipengaruhi oleh aspek kreativitas, kapasitas, teknologi yang digunakan dan jangkauan pemasaran yang dicapai. Hal tersebut diwujudkan dari tampilan produk, produktivitas yang tinggi dan pelayanan yang baik.
Keunggulan kompetitif perusahaan dipengaruhi sistem bisnis yang tengah berkembang dan hanya bisa dicapai jika sistem bisnis mampu menciptakan nilai lebih bagi pembeli. Perusahaan harus mampu menyediakan produk atau jasa yang lebih sesuai atau cocok bagi konsumen dibanding pesaingnya. Elemen-elemen yang terkait dalam membidik pasar korporasi adalah: 1) penawaran produk; 2) aktivitas; 3) sumber daya; 4) perspektif outside-in; 5) perspektif inside-out; 6) persaingan; 7) diferensiasi; 8) biaya produksi; 9) strategi; 10) prospector; 11) defender; 12) analyzer. (Eddy Sugiantoro_Penelitian Tembakau Jember, OPI_Sekper)
Rank 22 of The Best Twenty Five LKTI 2014
Terdapat 0 komentar
Silahkan tambahkan komentar