Evaluasi Kinerja, Divisi Pemasaran Bagikan Kuesioner untuk Pembeli
Untuk meningkatkan kinerja tahun 2016, Divisi Pemasaran melakukan evaluasi kinerja tahun 2015 melalui pembagian kuesioner kepada pelanggan gula. Sedikitnya, ada 12 item penilaian yang harus diisi oleh pelanggan gula sebagai pedoman dalam meningkatkan kinerja tahun ini.
Kepala Divisi Pemasaran PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X), Sutjahjo Widjaja mengatakan untuk mengetahui penilaian pelanggan atas hasil kinerja musim giling tahun 2015, maka Divisi Pemasaran membagikan kuesioner untuk pelanggan gula.
"Dari segi kualitas, gula yang paling diminati oleh pelanggan adalah PG Ngadiredjo. Kemudian, baru PG Kremboong, PG Gempolkrep, PG Meritjan, PG Modjopanggoong, PG Lestari, PG Tjoekir, PG Pesantren Baru, PG Djombang Baru, PG Watoetoelis, dan PG Toelangan," sebut Sutjahjo ditemui di ruang kerjanya di Jalan Jembatan Merah 3-11, Surabaya.
Sutjahjo menambahkan kalau dari sisi pelayanan, PG Ngadiredjo kembali menempati peringkat pertama. Disusul PG Pesantren Baru, PG Gempolkrep, PG Lestari, PG Tjoekir, PG Djombang Baru, PG Meritjan, PG Modjopanggoong, PG Toelangan, PG Kremboong, dan PG Watoetoelis.
"Kalau dari sisi penilaian produk, PG Ngadiredjo dan PG Kremboong dinilai paling bagus dengan kualitas gula warnanya putih, kering, dan butir gulanya besar," ungkapnya.
Masih menurut Sutjahjo, dari hasil kuesioner harapan pelanggan untuk GKP I sebesar 75 persen, untuk GKP II sebesar 8,3 persen, dan Gula Premium 16,7 persen. Sedang untuk pilihan kriteria utama atas kualitas produk, dilihat dari warna gula sebesar 50 persen, dari tingkat kekeringan sebesar 33,3 persen, dan ukuran butiran gula sebesar 16,7 persen.
"Dari hasil kuesioner tersebut, akan menjadi bahan bagi pabrik gula untuk meningkatkan kinerja di tahun 2016," tandasnya. (Siska, VER_Corcom)
Terdapat 0 komentar
Silahkan tambahkan komentar