Universitas Jember Gandeng PT Mitratani Dua Tujuh Dalam Penyusunan Kurikulum Outcome Based Education (OBE)

Terbit pada Selasa, 28 September 2021

PT Mitratani Dua Tujuh menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Rekonstruksi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Berbasis Outcome Based Education (OBE) yang diselenggarakan oleh Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember pada hari Jumat (24/09) bertempat di Hotel Meotel Jember.

Direktur PT Mitratani Dua Tujuh, Bapak Untung Mulyono hadir secara langsung didampingi oleh Sekretaris Perusahaan untuk menyampaikan materi di hadapan Dekan, Wakil Dekan, Sekretaris LP3M, Kepala Program Studi S1 Manajemen, dosen, hingga perwakilan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember yang berjumlah 33 orang.

Berdasarkan Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menetapkan kebijakan baru pada tahun 2020 yang bernama “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”. Kebijakan ini menjadi sebuah tantangan baru bagi pendidikan tinggi untuk menjembatani kesenjangan (link and match) antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi, sehingga penting untuk mengkolaborasikan kurikulum pendidikan tinggi berbasis Outcome Based Education (OBE) dengan kebijakan MBKM dengan dunia industri.

Sebagai perusahaan agroindustri di wilayah Kabupaten Jember, sejalan dengan Visi Prodi Manajemen FEB Universitas Jember yakni, “Menjadi Program Studi yang Unggul dan Berdaya Saing Global dalam Ilmu Manajemen Berwawasan Digital Agropreneurship di Asia Tenggara Tahun 2030”, PT Mitratani Dua Tujuh dipercaya untuk memberikan saran dan masukan dalam penyusunan kurikulum OBE FEB UNEJ sebagai pihak pengguna lulusan perguruan tinggi.

“Selama ini perusahaan telah banyak menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan khususnya di perguruan tinggi melalui berbagai kegiatan seperti PKL/magang, riset/penelitian, magang guru, kunjungan lapang/factory visit, menjadi narasumber dalam kegiatan seminar/workshop, hingga magang mandiri. Total terdapat lebih dari 20 perguruan tinggi yang pernah bekerja sama dengan PT Mitratani Dua Tujuh,” terang Untung Moeljono, Direktur PT Mitratani Dua Tujuh.

Selain itu, dalam kegiatan workshop tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara PT Mitratani Dua Tujuh dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember tentang Penguatan dan Pengembangan Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedepan kedua belah pihak akan melakukan kerja sama di bidang penyelenggaraan pendidikan magang, pendidikan kuliah tamu, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, hingga penelitian. (Erison Caesar_M7, Put_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar