Latih Petani Tembakau, Distan TPHP Sumenep Undang PTPN X Sebagai Narasumber

Terbit pada Senin, 27 September 2021

Dalam rangka menyambut Hari Tani Nasional pada 24 September 2021, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sumenep (Distan TPHP Sumenep) menghelat Pelatihan Diversifikasi Produk Tembakau kepada sekitar 25 petani tembakau di kota berlambang Kuda Terbang.

“Kami mengundang Ibu Okta Prima Indahsari,S.TP., M.P dari Puslit Tembakau PTPN X sebagai pemateri,” terang Arif Firmanto, S.TP., M.Si Kepala Dinas Pertanian TPHP Sumenep.

Pria kelahiran Kudus tersebut mengungkapkan bahwa petani tembakau perlu dibekali skill tambahan selain budidaya, panen, dan pasca panen tembakau agar mereka lebih survive dan kompetitif, khususnya di masa pandemi ini. Dan diversifikasi produk tembakau adalah jawabannya.

Pada pelatihan virtual yang digelar selama dua sesi ini, Okta dari Puslit Tembakau PTPN X, memperkenalkan seluk-beluk diversifikasi produk tembakau berikut ragam prototipe diversifikasi produk yang telah dibuat oleh Puslit Tembakau Jember melalui penayangan video proses pembuatan biobriket, biopellet, biochar, asap cair grade 2 dan grade 1 serta penggunaan kompor biomassa.

“Untuk sesi kedua, saya memaparkan materi tentang Potensi Pengembangan Tembakau Madura,” ujar peneliti yang telah memiliki lima gelar non akademik ini.

Masih menurut perempuan yang sembilan paper ilmiahnya telah dimuat di jurnal nasional maupun internasional ini, sudah saatnya petani tembakau juga mengetahui potensi dari komoditas yang mereka produksi agar perbaikan dan pengembangan produk dapat dilakukan secara paripurna.

“Besar harapan saya kelak nama tembakau Madura dari Sumenep tidak hanya terkenal di nusantara namun juga berkibar di pasar global. Tidak hanya dari aromanya yang ikonik, namun juga dari produk-produk diversifikasi yang akan mereka rilis,” tutupnya. (Nidya Yuanita_Puslit Tembakau Jember, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar