Kadistan Sumenep Kagumi Upaya Pemanfaatan Limbah Tembakau di Puslit Tembakau Jember

Terbit pada Jumat, 17 September 2021

Dalam kegiatan kunjungan kerja di Puslit Tembakau Jember PTPN X pada Kamis (16/9) lalu, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto mengagumi upaya dari tim peneliti Puslit Tembakau Jember untuk menginisiasi pengolahan limbah tembakau menjadi produk-produk turunan baru.

Sejauh ini, pasca kegiatan budidaya tembakau di Sumenep, limbahnya belum dimanfaatkan sama sekali,” ungkap Arif.

Padahal, lanjut Arif, kajian riset yang dilakukan oleh peneliti di Puslit Tembakau Jember ini banyak sekali, produknya bermanfaat, dan diminati konsumen. Limbah tembakau yang terdiri dari bunga, biji, daun pucuk, batang  hingga akar tembakau ternyata bisa diolah menjadi 50 produk turunan baru tanpa mempengaruhi ketersediaan daun produktif untuk bisnis inti.

Hal inilah yang melatarbelakangi kami untuk mengadakan Pelatihan Tentang Diversifikasi Produk Tembakau yang diagendakan 24 September 2021,” papar pria penghobi gowes ini.

Menurut pria yang meraih gelar sarjana di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, ia  akan menggandeng Peneliti Sie Teknologi & Processing Puslit Tembakau Jember sebagai narasumber bagi sekitar 25 petani dan penyuluh pertanian di Sumenep untuk transfer knowledge dan sharing experience mengenai seluk-beluk diversifikasi produk tembakau.

Kesejahteraan petani tembakau adalah prioritas kami,” tegasnya.

Saat harga tembakau di Sumenep kurang menguntungkan, sambung Arif, diversifikasi produk tembakau diharapkan bisa meng-coverbiaya sekaligus memberikan add value dari sisi pendapatan petani tembakau. (OPI_Puslit Tembakau, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar