The Power of Positive Feeling: Hati Yang Ikhlas, Untuk Dunia Tanpa Batas

Terbit pada Rabu, 8 Maret 2017

 

Mungkin di luar sana banyak orang yang menganggap bahwa kekuatan perasaan dalam hati itu hanya sesuatu yang non-primary issue. Percaya atau tidak, jangan meremehkan tentang hal ini, karena pada dasarnya kekuatan perasaan dalam hati itu kekuatanya 5.000 kali kekuatan pikiran.

The power of positive feeling, salah satunya adalah ikhlas. Ada apa dengan ikhlas? Dunia ini adalah tempat kesedihan sehingga Tuhan menciptkan ikhlas dalam hati manusia yang bertujuan untuk mengkalibrasi emosional di kala kehidupan sedang terpuruk. Perasaan dalam hati merupakan sebuah indikator penting bagaimana keadaan emosional dalam diri kita, apakah positif atau negatif. Dengan the power of positive feeling otomatis positive thinking akan mengikuti. Dan apabila keduanya bersinergi hasilnya akan sangat luar biasa. Perasaan dalam hati akan didominasi oleh kebaikan tanpa batas.

Kenapa hidup itu perlu yang namanya ikhlas? Dunia ini sangatlah luas. Hamparan samudera, langit, dan dataran itulah sebuah penciptaan mahakarya Tuhan yang luar biasa. Di balik keindahan itu semua, Tuhan juga menciptakan kegelisahan, kesedihan dan hal yang buruk lainya. Semuanya itu terkonsep dalam satuan yang dinamakan takdir. Disinilah ikhlas akan bekerja maksimal bagi seseorang yang berfikir.

Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus dimengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami pemahaman yang tulus. Lihatlah daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan. Mengikhlaskan semuanya (Tere Liye).

Apa hubungannya ikhlas dengan dunia tanpa batas? Dari contoh konsep positive feeling yang dibuat oleh Tere Liye tersebut, kunci pemahaman dalam konteks dunia yang tanpa batas ini adalah sejauh mana diri ini mengenal apa itu keikhlasan hidup. Yang artinya, bila seseorang hatinya sudah menguasai rasa ikhlas, maka dialah orang yang termasuk dari golongan yang beruntung. Hanya orang yang ikhlas saja yang mampu menterjemahkan apa saja yang ada di dunia ini. Disamping itu bahwa orang yang hatinya sudah tertanam rasa ikhlas, ia akan mampu menggenggam dunia beserta isinya ini dalam pandangan mata dan lingkupan kedua tangannya.

Ada suatu keindahan yang didapatkan oleh seseorang yang berhasil menanamkan rasa ikhlas di dalam dirinya. Hal itu dirangkum dalam four advantage in the world.

1. Get to know the world more (Bisa mengenal dunia lebih jauh)

2. Know the meaning of real success (Bisa mengetahui arti sukses yang sejati)
3. Get to know what the true meaning of happiness (Bisa mengenal apa arti kebahagiaan yang sesungguhnya)
4. Accepting destiny easily (Mudah menerima takdir)
Hidup ini adalah tentang belajar. Sejauh mana hati bisa memaknai ketulusan, disitulah keindahan hidup akan kita rasakan. Sejauh mana mata memandang, disitulah awal dunia yang baru. Dan sejauh mana kita mengenal keikhlasan, disitulah Tuhan akan memberi kenikmatan yang besar. (Moh Dhanavia_Enero, FIR_Sekper)

 

Sumber:

The power of positive feeling: Presentasi pada sharing session oleh Dimaz Anandito
Posted in Artikel

Terdapat 0 komentar