Tembakau Tak Hanya untuk Rokok dan Cerutu

Terbit pada Kamis, 4 Mei 2017

JEMBER – Tembakau tidak hanya bisa digunakan untuk bahan baku rokok dan cerutu saja. Tanaman ini ternyata memiliki banyak kegunaan yang baik untuk tubuh manusia. Dari naskah yang masuk untuk Call for Papers Penelitian Tembakau PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X, bisa terlihat bahwa tembakau tidak hanya untuk rokok saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tembakau bisa dimanfaatkan untuk bahan farmasi, makanan sehat, industri biokimia dan lain-lain.

”Hasil penelitian yang ada berhasil membalik pemikiran selama ini. Diharapkan nantinya penelitian-penelitian ini bisa mendukung pengembangan industri berbasis tembakau,” kata Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo saat Seminar Nasional Call for Papers ‘Upaya Memajukan Industri Berbasis Tembakau di Indonesia’ di Hotel Panorama Jember, Selasa (19/4/2017).

Di PTPN X sendiri, dikatakan Dwi realisasi areal tanam tembakau sudah mencapai 878 ha. Sedikit melebihi RKAP yang telah ditetapkan yaitu seluas 875 ha.

Untuk pemasaran tembakau, diharapkan bisa menangkap peluang yang ada dari negara-negara seperti Eropa, China, India dan Kanada. ”Untuk pemasaran tembakau perlu kegesitan, intuisi. Tidak bisa hanya menunggu konsumen, kita harus bergerak lebih lincah mencari pasar,” tuturnya.

Sementara itu Komisaris Utama PTPN X, Rudi Wibowo menambahkan tembakau Indonesia sudah dikenal di pasar dunia, selain Amerika latin. Itu  tentunya tidak terlepas dari kekhasan yang dimiliki tembakau Indonesia. ”Tembakau juga bisa menjadi trademark suatu daerah. Misalnya, ingat tembakau, ingat Jember. PR-nya adalah mendudukkan tembakau sebagai komoditas yang tidak hanya bernuansa ekonomi saja tetapi juga sosial dan budaya,” kata Rudi.   (AZA_Sekper, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar

Silahkan tambahkan komentar