Smart People Millennial

Terbit pada Selasa, 24 September 2019

“Ada yang akan menjadi orang tersisihkan jika tidak siap menghadapi perubahan”, itulah yang terbesit di generasi teknologi millennial saat ini. Dimana masa generasi ini di sebut-sebut sebagai generasi perubahan. Pada era ini, semua berkembang seolah-olah menjadi fenomena yang absurd.

Generasi millennial diyakini akan sangat berpengaruh dalam kemajuan peradapan teknologi masa depan, karena mereka memegang kendali dan memainkan peran penting dalam perkembangan dunia digitalisasi. Generasi ini lahir di tengah-tengah peradapan teknologi yang canggih dan modern. Hal ini membuat generasi ini sangat dekat dengan teknologi, sehingga berhasil menyulap globalisasi yang mempunyai interaksi tanpa batas dibelahan dunia.

Generasi millennial merupakan generasi pertama yang tumbuh subur dengan perangkat elektronik dan jaringan akses internet. Pada masa ini, setiap orang sangat fasih terhadap penggunaan teknologi. Kemajuan sains teknologi ini mendorong generasi millennial untuk melakukan aktivitas lebih banyak dari pada generasi sebelumnya.  Selain itu mereka lebih mudah untuk mempelajari platform digital dengan cepat dan menggabungkan kedalam seni kehidupan mereka.

Akan tetapi semua fenomena kecanggihan itu membawa dampak yang sangat mengerikan. Mobilitas antar negara semakin tinggi, peradapan dunia semakin kejam dan penuh dengan tantangan baru dari segala aspek. Belum lagi tingginya grafik inflasi yang terus naik membuat kebutuhan sulit di jangkau.

Anda sebagai generasi millennial harus manjadi pribadi yang kental akan inovatif, aktif dan kreatif agar mampu mengisi millennial times dengan baik.

“Kemajuan tidaklah mungkin tanpa perubahan, dan orang yang tidak mengubah pikirannya takkan mampu mengubah apapun”, (Sepositif). Bagi anda yang sekarang berada di generasi muda millennial, anda harus menjadi pribadi yang profokatif dalam banyak hal (positif), karena sejatinya perubahan membutuhkan pengendalian mindset yang bagus. Nah, bagian yang bingung mau ngapain di generasi millennial ini, ada tips yang saya tulis sebagai inspirasi, agar anda menjadi smart people millennial. 

 

A2 (Active Action)

Generasi millennial bisa menjadi generasi emas dalam sejarah. Dalam konteks generasi ini merupakan generasi peralihan dalam peradaban teknologi. Millennial lebih dominan menjadi ‘generasi pengubah’, bukan berkarakter sebagai ‘generasi penerus’. Untuk mengisi peradapan millennial ini, anda sebagai energi jiwa muda di era ini harus memiliki mindset A2 (Active Action), yakni aktif aksi dalam membuat revolusi perubahan, karena energi muda millennial identik dengan ide-ide segar dan pemikiran baru. A2 bisa diwujudkan dengan aktifitas sebagai berikut:

  1. Aktif dalam penggunaan teknologi untuk penyebaran kegiatan yang positif.
  2. Aktif dalam berinovasi dan membuat gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan teknologi dan mekanisasi pertanian.
  3. Aktif dalam membangun ide dan gagasan baru di tempat kerja.
  4. Aktif dalam merubah pola dan gaya hidup
  5. Aktif dalam kegiatan sosialisme dan memodernisasi informasi secara cepat, tepat, akurat dan kekinian.  

 

Internet Positive Of Thinks

Teknologi tumbuh sangat baik di generasi millennial. Media digitalisasi berkembang dengan cepat membuat interaksi sosial tanpa batas memungkinkan semua dilakukan dengan mudah. Pada konteks komunikasi sosial media berhasil menyulap dan melampaui harapan penggunanya.

Dilansir dari situs kompas.com, bahwa media sosial dan perkembangan teknologi digital ternyata menyimpan lubang gelap, meski pada titik yang sama menghadirkan kesempatan untuk mempermudah manusia. Pengguna internet di Indonesia adalah terbesar ke-4 di Asia. Dari riset internet World Stats pada 2016, pengakses teknologi internet di negeri ini berjumlah sekitar 78 juta. Adapun penetrasi atau rasio pengguna internet di Indonesia ditaksir sekitar 30,5 persen. Di kawasan Asia, pengguna internet terbesar yakni Cina (674 juta/49,5 persen populasi), India (375 juta/30 persen), Jepang (115 juta/90,6 persen), dan kemudian Indonesia.

Dari fenomena tersebut, apabila tidak ada pengendalian dan kebijakan diri yang baik, tentu hal ini akan memicu timbulnya dampak yang negatif seperti pendirian situs pornografi, membangun komunitas radikalisme, atau penyebaran hoaks.

Perubahan platform teknologi mempengaruhi interaksi manusia di peradapan manusia yang selanjutnya. Nah, sebagai generasi millennial yang cerdas, kita harus menjadi ‘internet positive of thinks’ artinya, menggunakan internet dengan sehat dan untuk hal yang positif.

 

Make Future Projects

Di peradapan global di masa sekarang sangat tidak cukup bermodalkan pandai beropini. Untuk mengisi generasi millennial dengan cerdas, anda harus membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dari sebelumnya. Anda adalah arsitek dari seni kehidupan anda sendiri, buatlah desain yang menarik untuk gagas revolusi perubahan.

Generasi millennial adalah generasi jeniusme. Generasi dimana waktu dan tempatnya dapat di gali berbagai hal-hal baru.Sebagai generasi millennial anda harus mempunyai stabilitas diri yang baik. Bukan hanya sekedar tentang to-do-list tapi lebih focus menuju ­to-be-list. Memang bagus berfikir tentang apa, tapi akan terlihat lebih hebat apabila anda lebih berfikir ingin menjadi apa untuk membuat apa.

95% dari hidup kita berasal dari progam kehidupan. Make Future Projects, mulailah membuat hal kecil setelah membaca artikel ini. Karena generasi di masa depan bisa saja berubah dan berevolusi menjadi lebih baik dari apa yang kita ciptakan hari ini. (Dhanaviya_Enero, CIN_Sekper)

Posted in Artikel

Terdapat 0 komentar