Sentuhan Revolusi Industri 4.0 di Gudang Tembakau PTPN X

Terbit pada Jumat, 23 Nopember 2018

Dalam acara Diseminasi Hasil Litbang 2018 Balai Riset dan Standardisasi Industri Surabaya (BISBY) pada Kamis, 22 November 2018, ada paparan penelitian mengenai sentuhan revolusi industri 4.0 di Gudang Tembakau PTPN X. Dulu jika ingin mengukur suhu di gudang pengolah (gudang fermentasi tembakau), petugas gudang harus menggunakan termometer analog dan cara pengukurannya juga masih konvensonal. Namun kebiasaan lama itu bakal diganti dengan metode yang lebih real time dan modern. Dengan menggandeng peneliti di BISBY, PTPN X berangsur akan mengubah pola lama tersebut.

Penelitian yang mengambil objek gudang pengolah di Kebun Ajong Gayasan tersebut bertajuk Pemantauan Proses Fermentasi Tembakau Menggunakan Platform Internet Of Things (IoT). Menurut Anneke Ristianti-salah satu tim peneliti BISBY, setelah melakukan kunjungan ke gudang pengolah PTN X dan riset beberapa kali, akhirnya pengembangan sistem pantauan dengan IoT berhasil dilakukan dengan membangun software dan hardware.

Keuntungan menggunakan pantauan dengan platform IoT, jelas alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini, adalah efisiensi, akurasi, kecepatan informasi, dan biaya investasti per titik pengamatan tidak mahal.

Ditemui di tempat yang sama, Sabar Dwi Komarudin, peserta diseminasi dari Puslit Gula Jengkol mengungkapkan bahwa revolusi industri 4.0 menjadi peluang sekaligus tantangan.

“Dikatakan peluang, karena arus informasi semakin cepat dan mudah, sehingga bisa mendukung kegiatan produksi. Sedangkan yang dimaksud dengan tantangan adalah bagaimana produksi kita bisa mengikuti perkembangan digitalisasi dan otomatisasi dengan hardware dan software yang ada, sehingga HPP bisa turun,” Kasie perlindungan Tanaman Puslit Gula Jengkol ini menerangkan.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut alumnus Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada ini, salah satu dukungannya adalah dari lembaga penelitian yang harus menyiapkan inovasi-inovasi penelitian yang mengarah pada revolusi industri 4.0. Penelitian tentang Pemantauan Proses Fermentasi Tembakau Menggunakan Platform IoT ini menjadi salah satu jawaban cerdasnya. (OPI_Penelitian Tembakau Jember, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar