Puslit Tembakau Luncurkan Inovasi Terbaru

Terbit pada Senin, 30 April 2018

Pusat Penelitian Tembakau Jember memperkenalkan inovasi terbarunya yakni Thermohygrometer. Alat ini diperkenalkan saat  ekspose hasil penelitian tembakau Jember dan Klaten pada Kamis 26 April yang lalu di Kantor Pusat PTPN X Surabaya.

Kepala Pusat Penelitian Tembakau Jember, Erna Anastasia  mengutarakan bahwa Thermohygrometer ini diciptakan khusus untuk digunakan dalam proses budidaya tembakau. Yang menarik pada alat ini, pihaknya telah menggunakan teknologi terbaru yaitu melengkapi alat tersebut dengan berbasis bluetooth. Alat ini nantinya digunakan sebagai alat pengukuran suhu dan kelembaban di gudang pengering (los).

“Alat ini digunakan untuk memantau suhu dengan menggunakan smartphone dengan aplikasi Bluecore Tech. Aplikasi Bluecore Tech sendiri dapat di-install melalui playstore. Kelebihan dari alat ini  adalah jangkauan sinyalnya mampu mencapai radius 13 meter baik vertikal maupun horizontal,” jelas Erna.

Dengan upaya yang dilakukan tersebut diharapkan bisa menekan losses dan produktivitas dapat tercapai. Disamping itu juga dapat membuka potensi yang dimiliki sekaligus mengembangkan produk turunan dari tembakau. (red2, FIR_SEKPER)    

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar