Pupuk Enero Mulai Rambah ITS

Terbit pada Senin, 5 Pebruari 2018

Mojokerto - PT Energi Agro Nusantara (Enero) terus mengembangkan distribusi pupuk cair hayatinya, enero. Jumat kemarin (2/2), pupuk ini mulai diujicobakan pada taman alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Langkah tersebut sebagai tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama Enero dengan ITS pada November tahun lalu.

Pada tahap awal, aplikasi pupuk enero diujicobakan pada 16 tanaman tanjung. Sedangkan total tanaman di taman tersebut mencapai 59 tanaman. Jika hasilnya efektif untuk perkembangan tanaman, aplikasi pupuk akan diperluas di seluruh taman ITS yang luasnya mencapai 186 ha.

“Upaya ini sebagai tidak lanjut pengembangan pupuk dan komitmen kami mendukung progam Eco Green yang dicanangkan ITS”, ujar Ariel Hidayat, Fertilizer Plant Manager PT Enero.

Sedangkan pihak ITS, Dra. Dian Saptarini, M.Sc, menyambut baik aplikasi pupuk enero tersebut, terutama untuk jenis lahan di ITS.

“Kami menyambut baik tahap awal aplikasi ini dan diharapkan membantu meningkatkan kesuburan tanah di ITS yang karakteristiknya tanah pesisir (critical soil)” ujar Dian.

“Untuk konsep kerjasama di masa depan, diharapkan pupuk enero dapat diaplikasikan ke berbagai jenis lahan“ tambah pengajar dari Departemen Biologi ini, saat diwawancarai secara terpisah.  

Uji coba ini tidak hanya sekedar mengenalkan pentingnya pupuk hayati bagi perbaikan struktur tanah dan membantu pertumbuhan tanaman, namun dalam rangka pengembangan produk yang meluas, tidak hanya bagi pihak akademisi, namun juga masyarakat luas. Tidak menutup kemungkinan, pihak-pihak eksternal enero lainnya menjadi sasaran uji coba pupuk hayati milik PT Enero ini (DNV_Enero, FIR_Sekper).

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar