PTPN X Pasang Rumah Burung Hantu untuk Kendalikan Hama Tikus

Terbit pada Senin, 13 Januari 2020
JOMBANG - Keberadaan tikus menjadi musuh besar bagi petani karena bisa merusak tanaman yang dirawat. Salah satu yang bisa diandalkan untuk mengendalikan atau membasmi tikus adalah burung hantu. 
 
Karena itu, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X membantu petani membagikan 26 unit rumah burung hantu untuk petani tebu di 12 desa yang berada di Kecamatan Perak, Jombang. Ke-12 desa tersebut adalah Desa Keplaksari, Trawasan, Jogoloyo, Kepuhdoko, Jatiwates dan Plosogenuk. Selain itu juga Desa Banjarsari, Sukorejo, Kampung Baru, Gebang Bunder, Plabuhan dan Kabuh. 
 
Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan ia sangat antusias dengan CSR yang dijalankan ini. "Tikus adalah hama yang paling sulit dikendalikan. Tikus ini binatang yang pintar dan burung hantu merupakan salah satu pengendali tikus," kata Dwi saat Peresmian Bantuan CSR PTPN X Pemasangan Rumah Burung Hantu di Desa Plosogenuk, Sabtu (11/1). 
 
Dikatakannya, jangkauan burung hantu bisa mencapai 10 ha. Tidak hanya untuk tebu namun keberadaannya juga bisa dirasakan oleh petani tanaman lain seperti padi. 
 
Bantuan ini memang baru pertama kali dilakukan PTPN X. "Jika memang efektif, bisa dikembangkan ke wilayah-wilayah lain," sambungnya.
 
Anggota Komisi 4 DPR RI, Emma Umiyatul Chusna menyampaikan apresiasinya atas perhatian yang diberikan PTPN X kepada masyarakat Jombang. "Kalau memang efektif saya harapkan tidak hanya di 26 titik ini saja tapi bisa ditambah," ujar anggota dewan yang akrab disapa Ning Emma ini. (Red1, PUT_Sekper)
Posted in Berita

Terdapat 0 komentar