PTPN X Meriahkan Seminar Nasional Pembangunan Pertanian III

Terbit pada Jumat, 7 Desember 2018

PTPN mengirimkan delegasinya dalam Seminar Nasional Pembangunan Pertanian III yang merupakan event kolaborasi antara Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dengan Perhimpunan Ekonomi Pertanian (Perhepi). Selain seminar yang digelar di Gedung Widyaloka (1 Desember 2018), juga diselenggarakan Call For Paper (CFP). Ada 4 perwakilan PTPN X yang hadir sebagai pemakalah dalam CFP tersebut.

Adalah Sabar Dwi Komaruddin dari Puslit Gula Jengkol, menampilkan judul Kemitraan Pabrik Gula Gempolkrep dan Koperasi Petani Tebu Rakyat Rosan Makmur Dalam Pengembangan Tebu di Kecamata Mantup, Kabupaten Lamongan. Selanjutnya, Mashudiana dari PG Gempolkrep dengan paparan Pengaruh Penerapan Pola Regrouping Lahan Mekanisasi Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Tebu di Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Ketiga, Dita Widi Atmaja dari Puslit Gula Jengkol mengetengahkan riset bertajuk Implementasi Pertanian Berkelanjutan di PTPN X Untuk Menjaga Keseimbangan Ekosistem dan Meningkatkan Produktivitas. Dan yang terakhir, Okta Prima Indahsari dari Penelitian Tembakau Jember mengusung judul Biopellet Berbasis Limbah Tembakau.

“Ini adalah ajang untuk sounding kepada publik atas kinerja penelitian yang telah kami lakukan,” komentar Dita yang juga menjadi peraih juara harapan III Call for Paper 2018 yang diselenggarakan oleh PTPN X.

Sementara Sabar beropini bahwa publikasi ilmiah merupakan hal yang penting sebagai wujud produktivitas peneliti sekaligus untuk menghindari repetisi judul riset yang sama persis.

“Dengan memaparkan makalah di ranah publik, kami juga ingin menyuarakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan PTPN X untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan stakeholder eksternal korporasi, salah satunya petani,” ungkap Mashudiana.

Dalam seminar nasional tersebut, keempat wakil PTPN X juga berkesempatan menyimak paparan dari Keynote Speakers Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, MS. Mantan Komisaris Utama PTPN X ini membahas materi yang berjudul Mengatasi Perangkap Pangan, Meraih Kemandirian Pangan Nusantara. (OPI_Penelitian Tembakau Jember, FIR_Sekper).

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar