PTPN X Gandeng Pertamina Adakan Pelatihan Petani Tebu Generasi Milenial

Terbit pada Kamis, 29 Nopember 2018

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X kembali mengadakan pelatihan untuk petani tebu yang masih berusia muda atau disebut generasi milenial. Pada pelatihan kali ini PTPN X bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero).

Sebanyak 75 orang petani tebu muda binaan sembilan pabrik gula kelolaan PTPN X yang tersebar di Sidoarjo, Mojokerto, Jombang Nganjuk, Kediri dan Tulungagung bersama-sama mengikuti materi dari seluruh narasumber.

Melalui pelatihan ini, petani tebu dibekali mengenai budidaya tebu, mulai dari peluang dan potensi bisnis tebu, mekanisasi Tebang Muat Angkut (TMA), hingga penerapan core sampler dan e-Farming guna peningkatan produktivitas tebu. Selain itu, para peserta juga diajak melihat secara langsung peragaan mekanisasi cane planter, peragaan fertiliser aplikator, dan peragaan olah tanam dalam dengan subsiler di lahan HGU Jengkol Kediri.

”Hari ini akan dikupas satu persatu. Ada varietas unggulan baru untuk mengganti varietas lama seperti Boeloelawang atau BL yang sudah mengalami degradasi. Target 10 ton/ha tidak bisa terpenuhi dengan varietas lama karena semakin lama semakin banyak terkena hama,” kata Sekretaris Perusahaan PTPN X Soekamto Partowijoyo saat pembukaan Pelatihan Petani Tebu Milenial di Kediri, Senin (26/11/018).

Soekamto menambahkan, tebu yang dihasilkan harus MBS (Manis, Bersih, Segar). Untuk menghasilkan tebu MBS dibutuhkan kepercayaan dan kerjasama antara petani dan PG.

Pada kesempatan yang sama Senior Analisis SMEPP Planning PT Pertamina (Persero) Andijanto Setyawan mengharapkan sinergi BUMN dengan PTPN X ini dapat terus terjalin dengan baik. ”Diharapkan dana sinergi BUMN dengan total nilai pinjaman sebesar Rp 50 MiJiar ini dapat meningkatkan kinerja dari kedua belah pihak,” jelas Andijanto.

Dana sinergi BUMN ini merupakan dana pinjaman dengan bunga yang ringan untuk para petani tebu. Sehingga dengan adanya dana sinergi BUMN ini, para petani semakin termotivasi untuk berbudidaya tebu.

 

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar