PTPN X dan Baristand Surabaya Sinergi Majukan Industri 4.0

Terbit pada Jumat, 23 Nopember 2018

Pemerintah tengah menggalakkan Progrom Revolusi Industri 4.0. Sebagai bentuk keseriusan menjalankan program tersebut, Kamis, 22 November 2018 Balai Riset dan Standardisasi Industri Surabaya (BISBY) menggelar Diseminasi Hasil Litbang 2018. Diseminasi ini mengusung tema hasil riset dan inovasi dalam menyongsong era industri 4.0. di Gedung Auditorium BISBY di Surabaya.

“Ada 52 instansi yang kami undang, yang berasal dari berbagai latar belakang, seperti perguruan tinggi, pemerintah, nelayan, BUMN, dan pihak laboratorium,” terang Fatimah Az Zahra, Kepala Sie Pengembangan Jasa Teknik BISBY.

Diseminasi ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh BISBY untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan pengembangan yang kami lakukan untuk publik dan industri.

"Ada yang sudah siap diaplikasikan, ada pula yang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut,” papar Siti Rahmah Siregar Kepala BISBY dalam sambutannya.

Dari kelima judul penelitian yang akan didiseminasikan nanti, sambung Siti, ada penelitian yang bisa diterapkan, yakni penelitian yang merupakan hasil kerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X. Judul penelitian tersebut adalah Pemantauan Proses Fermentasi Tembakau Menggunakan Platform Internet Of Things.

“Kami berharap hasil penelitian terapan (applied research) ini dapat menciptakan efisiensi dan optimalisasi untuk maksimalisasi hasil di PTPN X khususnya dan secara umum dapat meningkatkan daya saing industri di era Revolusi Industri 4.0,” pungkas Siti. (OPI_Penelitian Tembakau Jember, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar