Perayaan Tahun Baru PTPN X : Satukan Tekad Menuju Kejayaan

Terbit pada Jumat, 12 Januari 2018

Tahun 2017 yang penuh dinamika sudah berhasil dilewati. Memasuki tahun 2018, masih banyak tantangan yang harus dilalui.

”Untuk melaluinya dibutuhkan tekad yang kuat. Karena itu tema tahun baru ini sesuai. Tekad berbeda dengan nekad. Tekad perlu perhitungan, ada niat yang kuat, dilaksanakan penuh kesungguhan, berani menderita, berani berkorban,” kata Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X, Dwi Satriyo Annurogo saat perayaan tahun baru PTPN X di Hall Kantor Pusat dengan tema ‘Satukan Tekad untuk Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas Menuju Kejayaan’.

Dalam sambutannya, Dwi menuturkan ada dua tantangan mendasar yang dihadapi industri gula pada 2018. Yang pertama adalah kondisi pasar yang tak memungkinkan perusahaan mengambil marjin optimal sehingga sangat berpengaruh pada kinerja keuangan perusahaan.

”Yang kedua, kita menghadapi situasi persaingan pasar yang kian kompetitif, terutama dalam mendapatkan pasokan BBT (Bahan Baku Tebu),” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dwi memaparkan kinerja perusahaan pada 2017. Dari sisi produksi, jumlah tebu digiling pada tahun 2017 sebesar 4,3 juta ton. Dengan rendemen tercapai 7,9 persen, lebih tinggi daripada tahun 2016 yaitu sebesar 6,36 persen. Sedangkan untuk produksi gula total sebesar 342.410 ton, dengan gula MPG sejumlah 119.107 ton, meningkat dibandingkan tahun 2016.

Tembakau pun selalu berupaya menjaga kualitasnya, tanpa mengesampingkan upaya untuk melakukan ekspansi pasar. Capaian luas lahan per November 2017 sebesar 878 hektar, sedangkan untuk produksi daun hijau sebesar 15.536 ton.

Rendemen yang tercapai hingga November 2017 yaitu 9,7 persen, yang artinya meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2016. 

Dari sisi keuangan, berdasarkan prognosa tahun 2017 ini, PTPN X berhasil membukukan laba sebesar 30,4 miliar.

”Capaian angka-angka produksi dan keuangan ini janganlah membuat kita berbangga hati. Evaluasi dan perbaikan harus terus kita lakukan tanpa henti. Perbaikan dari sisi on farm maupun off farm mutlak dilakukan,” kata Dwi. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan yang telah bekerja keras dan telah memberikan kinerja terbaiknya untuk PTPN X. (CIN_Sekper, FIR_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar