Penelitian Tembakau Jember Sumbang Empat Paper Riset

Terbit pada Senin, 3 Desember 2018

Dalam perhelatan seminar nasional yang digagas UPT PSMB Lembaga Tembakau Jember pada 26 hingga 28 November 2018, terdapat acara Call For Paper (CFP) yang merupakan rangkaian acara seminar nasional. Demikian Siti Widartien, ungkap Kepala UPT PSMB Lembaga Tembakau dalam sambutannya.

Paparan hasil riset dalam CFP ini, lanjut Titin-sapaan karib Siti Widartien, berasal dari institusi penelitian, perguruan tinggi, serta dari instansi pemerintah. Seminar ini mengusung tema “Meningkatkan Nilai Tambah Dan Daya Saing Tembakau Melalui Standardisasi, Pengaturan Kelembagaan dan Diversifikasi Produk Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0.”

“Setidaknya ada 27 dinas terkait, 19 bidang dan UPT di lingkungan Disperindag Jatim, 30 pelaku usaha, asosiasi, dan perwakilan petani serta 9 perwakilan dari perguruan tinggi yang mengikuti rangkaian seminar,” urai Titin.

Penelitian Tembakau Jember PTPN X menyumbangkan empat paper riset. Mereka yang presentasi di hadapan para audiens adalah Vardianata Yoedistira Virdawan dengan judul paper: Evaluasi Hasil Analisa Residu Pestisida Pada Tanaman Tembakau, Okta Prima Indahsari dengan judul paper: Kajian Varian Bahan Perekat Terhadap Kualitas Pellet Batang Tembakau, Angga Suprayogi dan Co-Author Nur Aini Hariyo Wati dengan judul paper Studi Komparasi Varian Bahan Baku Terhadap Mutu Briket serta Nur Aini HW dan Co-Author Angga S. dengan judul paper Kajian Daya Saing dan Peluang Ekspor Briket Batang Tembakau.

Peserta dari PT Pandu Sata Utama dan Koperasi Tarutama Nusantara begitu antusias dengan hasil riset yang dilakukan oleh Tim dari Penelitian Tembakau Jember. Mereka berharap hasil riset tersebut applicable pula bagi pelaku usaha tembakau yang lain. (OPI_Penelitian Tembakau Jember, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar