Peduli Lingkungan, PG Gempolkrep Adakan Pelatihan Pengelolaan Sampah

Terbit pada Jumat, 21 April 2017

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X kembali menunjukkan kepedulian sosialnya kepada lingkungan sekitar. Kali ini, unit usaha PTPN X, Pabrik Gula (PG) Gempolkrep menggelar kegiatan Corporate Sosial Responsibility (CSR) dengan melalui pelatihan pengelolaan lingkungan, Rabu (19/04). Bertempat di Balai Desa Gembongan, Kecamatan Gedeg, Mojokerto, PG Gempolkrep bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sahabat Lingkungan.

Acara pelatihan dibuka oleh sambutan dari Kepala Desa Gembongan, Tulus Wibowo, Direktur Sahabat Lingkungan, Satrijo Wiweko, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Sutanto, dan GM PG Gempolkrep, H. Koes Darmawanto. “PG Gempolkrep merasa bahagia jika bisa berbagi dengan lingkungan sekitar, khusunya Desa Gembongan. Hasil pelatihan ini dan produk-produk yang sudah dihasilkan nantinya akan dipakai oleh PG Gempolkrep,” ungkap Koes Darmawanto.

Sekitar 30 orang Ibu-ibu PKK Desa Gembongan mengikti pelatihan pengelolaan lingkungan dengan pemateri dari Sahabat Lingkunga, Lulu. Ibu-ibu ini diajarkan untuk mengurangi sampah rumah tangga dengan mengelola koran bekas dan botol plastik menjadi barang-barang yang dapat digunakan seperti wadah tisu dan minuman, vas bunga, meja, dan tempat duduk. Teknik pengelolaan sambah yang diajarkan adalah eco-bricks, dimana sampah rumah tangga berupa botol maupun koran dapat digunakan menjadi tempat duduk dan meja.

Teknik ini diawali dengan memotong sampah menjadi bentuk yang lebih kecil, kemudian dimasukkan ke dalam botol minuman plastik. Sampah tersbut didorong menggunakan tongkat kayu untuk mendapatkan isian yang padat merata, sehingga botol-botol tersebut dapat difungsikan sebagai bata untuk membentuk tempat duduk atau meja. “Dengan adanya CSR dari PG Gempolkrep, PKK Desa Gembongan berhasil meraih beberapa juara di tingkat kabupaten dan mampu mewakili kabupaten sebagai peraih piala terbanyak di PKK Award,” ungkap salah satu ibu PKK Desa Gembongan. (CIN_Sekper, FIR_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar

Silahkan tambahkan komentar