Pantau Hulu hingga Hilir, Wantannas Kunjungi PTPN X

Terbit pada Senin, 20 Nopember 2017

Menjawab isu yang berkembang di masyarakat terkait komoditas gula, Rabu (19/9) , Wantannas (Dewan Ketahanan Nasional) berkunjung langsung ke PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X untuk memantau langsung hulu hingga hilir proses produksi gula.

Aries Suhardono , Ketua Tim Kunjungan Wantannas, mengutarakan bahwa kali ini kedatangannya dan rekannya yang lain adalah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan komoditas gula , baik dari budidaya, proses produksi,sistem bagi hasil dengan petani hingga pusat penelitian yang ada.

“Sebagai  lembaga negara yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, tugas Wantannas sendiri adalah untuk berperan dalam pembinaan ketahanan nasional untuk menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia. Hasil dari kunjungan kali ini pun akan kami rumuskan dan kami ajukan kepada Presiden RI untuk nantinya dibuatkan rancangan ketetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional,” terangnya.

Dalam dua hari kunjungan yang di lakukan oleh Wantannas, jelas Agus kembali bahwa apa yang dilakukan PTPN X sudah sangat baik termasuk juga dengan berbagai diversifikasi usaha yang telah dibuat. Dan ini merupakan jawaban dari industri gula kedepan dimana bukan hanya gula yang menjadi main bussines dari PTPN X tapi juga produk turunan lainnya.

“ Kami juga sudah banyak berbincang dengan para petani dan mengetahui lebih dalam permasalahan yang terjadi. Berikutnya kami juga akan berkunjung ke beberapa pabrik gula lain yang ada di bawah manajemen perusahaan swasta sehingga nantinya ada komparasi yang dapat menjadi acuan pokok permasalahan apa yang terjadi dengan bahan pokok gula ini,” pungkasnya. (CIN_Sekper, FIR_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar

Silahkan tambahkan komentar