Panen Perdana, Kebun Kertosari Targetkan Peningkatan Kualitas

Terbit pada Sabtu, 6 Juli 2019

Kebun Kertosari mulai melakukan panen perdana tembakau. Kebun Kertosari menargetkan menanam seluas 250.121 Ha dengan produksi daun hijau sebesar 17.539 Kg/Ha, produksi daun kering sebesar 1.662 Kg/Ha. Sedangkan untuk kualitas NW ditargetkan mencapai 35 persen. 

"Targetnya memang 35 persen. Tapi kalau bisa 40 persen untuk daun kualitas NW," kata GM Kebun Kertosari, L. St. Gomo Tumanggor di Kebun Gambirono, Jember, Jumat (5/7/2019).

Leo-panggilan akrab L.St. Gomo Tumanggor mengatakan, tantangan utama tanaman tembakau adalah hama trip. Karena itu pemberantasa hama terus diintensifkan. Selain itu untuk peningkatan kualitas, dibutuhkan daun yang utuh panjang.

"Kalau tidak, hanya akan jadi filler. Di 2019 ini harus mampu kita minimalkan," ujarnya.

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo menambahkan, khusus untuk tembakau, tahun ini dicanangkan sebagai tahun kualitas. Jika sebelumnya daun kualitas NW hanya 22-25 persen, tahun ini akan ditingkatkan hingga minimal 34 persen. Daun utuh juga ditingkatkan menjadi 95 persen.

"Itu bisa kita lakukan jika SOP dijalankan," tegas Dwi.

Dari sisi produktivitas, ia berharap juga terjadi peningkatan. Dari yang semula rata-rata hanya 19 ton/hektare bisa menjadi 20 ton per hektar. Dwi mengingatkan, dalam usaha tembakau, penanaman hingga petik masih 50 persen dari total proses.

"Jangan sampai lengah pada saat pengolahannya," pungkasnya. (Red1, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar