Menteri BUMN Rini Sumarno Resmikan Buka Giling PG Gempolkrep tahun 2018

Terbit pada Selasa, 15 Mei 2018

Sebagai bentuk dukungannya terhadap industri gula tanah air, Menteri BUMN , Rini Soemarno mengunjungi Pabrik Gula (PG) Gempolkrep pada senin (14/5) yang lalu. Dalam kunjungannya tersebut, Rini juga meresmikan Buka Giling PG Gempolkrep yang sekaligus menandai dimulainya musim giling di 2018.

Didampingi oleh Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo dan Dolly P Pulungan, selaku Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara memencet sirine tanda dimulainya buka giling tahun ini.

"Harapannya untuk tahun ini rendemen (PTPN X) bisa meningkat hingga 9 persen," kata Rini sembari memberi  semangat kepada para pekerja Pabrik Gula Gempolkrep.

Dalam kesempatan tersebut , Rini juga meninjau mekanisasi tebangan dan normalisasi saluran di PG Gempolkrep. Dia sempat melihat proses kerja mesin baru di pabrik tersebut.

Mekanisasi sendiri dengan penggunaan mesin penebang tebu (chopped harvester) berkapasitas 100 ton/hari dan mesin angkut tebu (grab loader) berkapasitas 80 ton/hari. 

Sementara itu , Direktur Utama PTPN X Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan, kedua mesin yang diterapkan diharapkan membuat proses tebang, muat, dan angkut tebu menjadi lebih efektif dan efisien.

Tak hanya mekanisasi on farm, lanjut Dwi, tahun ini PG Gempolkrep menyiapkan dana sinergi BUMN sebesar Rp 179 miliar. Dana ini akan untuk bantuan kredit para petani tebu di wilayah PG Gempolkrep.

"PTPN X juga memberikan bantuan pupuk, bibit, kawalan budidaya dan perbaikan saluran di seluruh petani pabrik gula kami," terangnya.

Musim giling tahun ini, tambah Dwi, target produksi gula kristal putih di PG Gempolkrep dipatok 87.503 ton. "Target tersebut naik sebesar 23 persen dibandingkan realisasi 2017," tandasnya. (red2, FIR_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar