Melihat Pentingnya Perbaikan dari Sisi Kemasan Produk (1)

Terbit pada Rabu, 20 Juli 2016

Packaging atau kemasan. Fungsinya saat ini bukan hanya sekedar “pembungkus” untuk membuat produk Anda terlihat lebih menarik. Lebih dari itu, kemasan di era sekarang merupakan salah satu media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan sebuah pesan yang tersirat, seperti apa tujuan dari produk yang Anda buat dan apa arti produk tersebut bagi kehidupan pelanggan Anda.

Hampir setiap tahun, 95% produk baru gagal bertahan di pasaran. Alasannya sederhana, yakni kebanyakan konsumen tidak memiliki waktu dan energi untuk mempertimbangkan  keuntungan dan kerugian apa yang mereka dapat dari produk yang mereka pilih sehingga biasanya mereka membuat jalan pintas dalam membeli produk. Salah satu jalan pintas itu berasal dari kemasan produk.

Seperti yang telah diterapkan oleh sebuah brand fashion ternama Tiffany & Co. Jika Anda sudah familiar dengan merek perhiasan asal  New York, Amerika Serikat ini, bagi sebagian orang justru ikon kemasan kotak berwarna biru muda itulah yang lebih dikenal dibanding produk perhiasannya sendiri. Ini menjadi bukti bahwa kemasan dapat menjadi hal yang powerfull karena terbukti dapat memberitahukan kepada pelanggan mengapa produk dan brand Anda berbeda dengan produk lainnya.

Produk lain yang mudah dikenali oleh masyarakat adalah Apple. Produk ini terkenal dengan kemasannya yang bersih dan minimalis. Jika Anda pernah menonton video proses pengepakan Apple yang baru, Anda pun akan tahu alasannya mengapa banyak orang menyukai kemasan produk Apple.

Sebuah produk yang memiliki kemasan bagus dapat memberikan dampak langsung pada penjualan dan daya tarik perusahaan secara keseluruhan. Kemasan yang bagus bahkan dapat mempengaruhi pertumbuhan sebuah perusahaan.

Dalam studi yang pernah dipublikasikan oleh www.forbes.com, ditemukan bahwa konsumen membuat keputusan berdasarkan naluri dan aksi reaktif. Studi ini juga menunjukkan bahwa konsumen lebih mempertimbangkan warna, bentuk, dan lokasi yang familiar dalam membeli sebuah produk.

Oleh karena itu, dalam menciptakan kemasan yang dapat menarik perhatian pelanggan, setiap merek harus menciptakan hubungan emosional dan tindakan dari target pelanggan mereka. Keberhasilan kemasan yang efektif adalah dapat membuat pelanggan memahami identitas sebuah produk yang mengisyaratkan “siapa saya”, “apa yang bisa saya lakukan”, dan “mengapa saya relevan dalam kehidupan Anda”. Tentunya sebagai media komunikasi untuk dapat memengaruhi keputusan pelanggan dalam memilih produk, sebuah produk juga harus memberikan manfaat yang sesuai dengan kualitas dan “janji” yang telah mereka pasarkan.

Lalu bagaimana Anda dapat mulai untuk memperbaiki kemasan yang berpengaruh pada pertumbuhan penjualan perusahaan?

Referensi  :

  1. Kotler, Philiph, Garry Armstrong ; 2009; “The Principle Of Marketing”; Pearson / Prentice – Hall
  2. www.forbes.com

(bersambung)

(MSR_Sekper, VER_Sekper)

Posted in Artikel

Terdapat 0 komentar