Manfaatkan Pupuk Hayati, ITS Gandeng Enero

Terbit pada Selasa, 28 Nopember 2017

PT Energi Agro Nusantara (Enero) mengambil langkah signifikan dalam mengembangkan pupuk hayati Enero. Jumat lalu (25/11), Direksi PT Enero menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dengan Institut Sepuluh Nopember (ITS) pada acara Go Green ITS 2017 yang bertempat di Gedung Robotika, Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya. 

Kerjasama selama lima tahun ke depan ini mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat. Salah satu kerjasama yang aksinya langsung dilakukan yaitu aplikasi pupuk Enero di representasi taman Gedung Robotika, ITS. Aksi ini melibatkan Direksi Enero dan Rektor ITS beserta jajarannya. 

Pemanfaatan pupuk enero sendiri sejalan dengan program ITS, Smart Eco Campus yaitu mewujudkan teknologi dan ilmu yang dikembangkan dalam kampus untuk menciptakan pembangunan ramah lingkungan. Selanjutnya pupuk hayati Enero akan diaplikasikan secara bertahap pada sebagian besar taman di ITS, dengan tujuan memperbaiki struktur tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman. 

“Kita akan lihat hasil sejauh ini dampak aplikasi pupuk Enero, apabila hasil memuaskan tentunya aplikasi dapat diperluas di seluruh taman ITS seluas 186 Ha, yang 70%-nya akan kita manfaatkan untuk ruang hijau,” ujar Joni Hermana, Rektor ITS saat diwawancarai di saat acara berlangsung. 

Mendukung maksud baik ITS, pihak Enero menyampaikan bagaimana pentingnya kerjasama dengan ITS bagi pengembangan kualitas dan manfaat jangka panjang bagi lingkungan.

“Kami melibatkan ITS dalam pengembangan pupuk hayati kami, tidak hanya dalan rangka mengenalkan pentingnya pupuk hayati bagi perbaikan struktur tanah dan membantu pertumbuhan tanaman, namun bersama-sama mereka mengembangkan nilai tambah pupuk ini dengan upaya penelitian, sehingga diharapkan aplikasi pupuk hayati dapat dirasakan manfaatnya” terang Izmirta Rachman, Direktur Utama PT Enero 

Sejauh ini memang pupuk Enero telah berkembang pesat dalam peningkatan kualitasnya. Tidak hanya diaplikasikan pada satu komoditas, namun mulai mengarah pada beragam jenis tanaman. 

“Saat merintis, aplikasi pupuk banyak diaplikasikan di lahan tebu, namun saat ini aplikasi pupuk sudah diterima di beragam komoditas. Harapan kami manfaat pupuk dapat dirasakan dalam waktu singkat. Upaya ke arah ini yang sedang kita usahakan, salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan ITS ini” tambah Dimas Eko Prasetyo, Direktur Enero. (ARH_Enero, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar

Silahkan tambahkan komentar