Lakukan Studi Banding, Petani PTPN X Kunjungi PG Cinta Manis

Terbit pada Kamis, 13 September 2018

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan petani tebu milenial sebelumnya, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mengajak 25 orang petani untuk studi banding ke Pabrik Gula (PG) Cinta Manis PTPN VII di Palembang (12-14/9). Studi banding ini merupakan sinergi BUMN antara PTPN X dengan PT Jiwasraya (Persero). Petani yang hadir dalam studi banding ini merupakan perwakilan dari seluruh PG mulai dari Sidoarjo hingga Tulungagung. 

“Harapan kami, adanya studi banding ini dapat menambah wawasan petani PTPN X sehingga usaha tebu terus berkembang,” ungkap Soekamto Partowijoyo, Sekretaris Perusahaan dan PKBL.

PG Cinta Manis sendiri memiliki luas lahan tebu HGU sebesar 11.000 Ha. “PG Cinta Manis juga mulai menerapkan mekanisasi dan trash management,” pungkas Ari Askari, GM PG Cinta Manis.

Dalam studi banding ini, petani diajak secara langsung melihat proses giling di pabrik yang telah memasuki hari ke-104 dan juga turun ke lahan tebu.

Salah satu petani mengungkapkan adanya studi banding ini membuat wawasan terkait pengelolaan on farm bertambah.

“Wawasan semakin bertambah, bukan hanya terkait penerapan teknologi, tetapi juga dalam hal menyikapi masalah yang ditemui di lapangan,” terang Supriyatin, asman sarpram PG Meritjan. (CIN_Sekper, FIR_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar