Kembangkan Diversifikasi Gula, PTPN X Gandeng PT Gula Energi Nusantara

Terbit pada Jumat, 1 Maret 2019

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X terus melakukan terobosan untuk mengembangkan produknya. Perusahaan plat merah ini mengandeng PT Gula Energi Nusantara untuk diversifikasi produk gula. 

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan selama ini, PTPN X selalu melakukan inovasi-inovasi di bidang on farm dan off farm, namun inovasi untuk produk hilir masih sedikit. Inovasi produk hilir yang baru dilakukan adalah molasses ke etanol dan blotong ke kompos. 

"Kalau untuk gula, inovasi yang kami lakukan baru ke sistem penjualannya saja, yaitu sistem penjualan secara ritel," kata Dwi pada acara Penandatangan MOU antara PT Perkebunan Nusantara X dengan PT Gula Energi Nusantara di Kantor Pusat PTPN X Jl. Jembatan Merah Surabaya, Jumat (01/03). 

Dwi menambahkan diharapkan dengan adanya kerjasama ini, PTPN X bisa menghasilkan produk gula baru, seperti yang tertuang dalam surat kerjasama yaitu pengembangan alih fungsi produk gula kristal putih menjadi gula kristal putih rendah glikemik index dan gula cair karamel. 

"Menurut kami ini adalah produk baru, produk inovatif yang harus segera terealisasi tahun ini," tegas Dwi.

Ditempat yang sama, Direktur PT Gula Energi Nusantara, Joko Budi Wiryono mengungkapkan pihaknya sangat senang bisa bekerja sama dengan PTPN X. Sebab, selama ini pihaknya terus berupaya agar bisa bersinergi dengan perusahaan berbasis gula milik negara namun belum ada yang berhasil.

"Semoga dengan PTPN X ini, kerjasama ini bisa terwujud," kata Joko.

Didampingi Komisaris PT Gula Energi Nusantara Kholiq Arif, Joko menjelaskan pasar gula cair karamel di tanah air ini sangat besar begitu pula dengan gula kristal putih rendah glikemik index selain pasar dalam negeri, pihaknya juga mulai menjajaki pasar ekspor yang sangat menjanjikan. (Red3, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar