Holding Perkebunan Nusantara Sosialisasikan E-Auction Trial

Terbit pada Selasa, 17 Maret 2020

Holding Perkebunan Nusantara Group bersama dengan Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) menggelar sosialiasi mengenai “Sistem Pemasaran Komoditi Tebu (Gula) dan Tata Cara Pelaksanaan E-Auction”, yang diselenggarakan di Ruang Pandu, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X (12/3). Sosialisasi ini diikuti sejumlah 200 orang peserta yang berasal dari PTPN VII, IX, X, XI, XII, dan XIV, pembeli gula, serta perwakilan Bulog dari beberapa wilayah yaitu Kediri, Bondowoso, Bojonegoro, dan Surakarta.

Auction secara elektronik adalah penjualan produk komoditi metode auction melalui aplikasi berbasis internet dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta. Selain itu, KPBN juga memaparkan prosedur penjualan lainnya yaitu Bid Offer, dimana penawaran produk yang berisi volume, mutu, harga dan tempat penyerahan diberikan kepada satu ataupun beberapa pembeli potensial untuk menyetujui atau menolak penawaran. Selanjutnya, Long Term Supply Contract (LTSC) adalah kontrak penjualan dengan jangka waktu minimal tiga bulan.

Untuk kedepannya, adanya penerapan sistem ini diharapkan mampu memudahkan proses penjualan komoditi gula, yaitu sistem penjualan dapat seragam, proses biding dapat dilakukan dengan mobile, waktu penyelanggaraan penjualan mampu dioptimasi, dan proses dapat berjalan disiplin, aman, serta transparan.

“Harapannya dengan diadakan sosialisasi E-Auction Trial ini mampu memberikan pemahaman guna mempermudah penjualan komoditas tebu (gula) dengan cara yang aman dan efisien. Serta penjualan bisa menjadi terpusat atau melalui satu pintu,” ujar Ery Erwin selaku Kepala Divisi Strategi Holding Perkebunan Nusantara. (Alma_UBR, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar