Hindari Potensi Kecurangan, PG Lestari Sosialisasikan WBS

Terbit pada Kamis, 4 Maret 2021

Pabrik Gula (PG) Lestari menyelenggarakan acara sosialisasi Whistleblowing System (WBS) yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan “Grha Bima Lestari”, (01/03). Kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen perusahaan dalam rangka mendukung dan memastikan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Acara ini dihadiri oleh seluruh Manajer dan Asisten Manajer dari tiap-tiap bagian.

WBS sendiri merupakan salah satu sarana pelaporan atas dugaan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh internal perusahaan khususnya PG Lestari, serta merupakan komitmen PG Lestari dalam rangka memastikan terselenggarakannya prinsip Good Corporate Governance.

“Bahwa untuk pelanggaran atau kecurangan ini tidak hanya didasarkan pada niat pelaku saja, namun juga karena adanya kesempatan untuk melakukan pelanggaran atau kecurangan tersebut. Sehingga perlu ditanamkan pada diri masing-masing karyawan agar senantiasa melakukan perbuatan yang halal,” ungkap General Manager PG Lestari, Marshal G. Pattiasina dalam paparannya.

Sehingga harapannya walaupun terdapat kesempatan untuk melakukan pelanggaran atau kecurangan, jika karyawan sudah menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai kejujuran tentu pelanggaran atau kecurang tersebut tidak akan terjadi. Marshal menambahkan dengan berjalannya WBS maka akan menghasilkan sistem yang bersih, karena whistleblower tidak hanya sebatas internal karyawan saja namun juga pihak eksternal.

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X telah menyediakan layanan untuk pelaporan dugaan pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan oleh karyawan atau karyawati, yaitu melalui email wbs.ptpn10@ptpn10.co.id  & spi@ptp10.co.id. PTPN X juga menjamin kerahasiaan dan perlindungan terhadap pelapor. (Adm_LS, PUT_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar