HGU Sumberlumbu Berpindah Pengelolaan ke PG Ngadiredjo

Terbit pada Kamis, 13 Desember 2018

Rabu (12/12) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mengadakan serah terima pengelolaan lahan Hak Guna Usaha (HGU) Sumberlumbu dari PG Pesantren Baru ke PG Ngadiredjo. Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo, Direktur Operasional, Mustaqim,  Sekretaris Perusahaan dan berapa Kepala Bagian, serta seluruh General Manager pabrik gula wilayah Dhoho.

HGU Sumberlumbu, merupakan salah satu lahan HGU yang dimiliki PTPN X, dengan luas sekitar 1500 Ha dan berlokasi di lereng pegunungan Kelud. Lahan ini sebelumnya dikelola oleh PG Pesantren Baru sejak tahun 2013. Harapannya, dengan adanya pengalihan pengelolaan, kinerja di sisi on farm dapat meningkat pada Musim Giling tahun 2019.

“Hendaknya HGU Sumberlumbu ini dapat menjadi percontohan bagi para petani tebu, mulai dari budidaya, proses panen, hingga penerapan mekanisasinya,” tambah Dwi.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Budidaya & Sarpram, Syahrial Kotto menyampaikan bahwa pengalihan pengelolaan HGU ini mempunyai tujuan agar lebih efisien karena lokasi HGU ini berada di wilayah dekat dengan PG Ngadiredjo. Selain itu, dapat menjadi buffer stock bagi PG Ngadiredjo guna mewujudkan giling yang lebih ajeg di tahun 2019.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang realisasi tahun 2018 dan rencana kerja tahun 2019, serta antisipasi akan permasalahan yang akan terjadi. Dwi menekankan bahwa adanya perubahan dinamis di sektor industri gula menuntut PTPN X aktif dalam melakukan perubahan dan inovasi.

“Saat ini bisnis gula telah mengalami perubahan, dan hanya ada dua kemungkinan bagi kita yaitu berubah atau diubah,” ungkap Dwi. (STN_Sekper, CIN_Sekper)

 

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar