Gaungkan Diversifikasi Produk Dalam Seminar Nasional

Terbit pada Jumat, 30 Nopember 2018

UPT-PSMB Lembaga Tembakau Jember menghelat Seminar Nasional Tembakau pada 26 hingga 28 November 2018. Okta Prima Indahsari, Peneliti dari Penelitian Tembakau Jember didapuk menjadi salah satu narasumber. Materi yang disampaikan Okta berjudul Optimalisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Diversifikasi Produk Tembakau.Pada kesempatan tersebut Okta memaparkan tentang melimpahnya limbah padat yang ada di tiga kebun milik PTPN X. Sebut saja kebun ajung gayasan dan kebun kertosari yang memiliki potensi limbah 35.199 ton wet based (77%) dan limbah di kebun klaten sebesar 10.375 ton wet based (23%).

Dari total limbah tersebut, sambung penghobi travelling ini, mayoritas (73,65%) berasal dari batang tembakau basah sejumlah 33.564 ton. Sisanya berturut-turut dari daun pucuk basah 7.298 ton (16,01%), kuncup basah 2.522 ton (5,53%), dan akar basah 2.189 ton (4,80%). Sejauh ini Penelitian Tembakau Jember telah melakukan uji coba pengolahan limbah tembakau menjadi beberapa produk, seperti briket, pellet, asap cair, dan tobacco absolut.

“Umumnya pengolahannya cukup sederhana sehingga mudah diaplikasikan oleh siapa saja, bahkan oleh usaha skala rumah tangga. PTPN X memiliki pohon industri tembakau yang terdiri dari 46 macam produk turunan dari olahan tembakau,” jelasnya di hadapan audiens di Hotel Dafam Lotus, Jember.

Masih menurut Okta, diversifikasi produk tembakau tidak saja bertujuan untuk optimalisasi limbah yang ada. Lebih dari itu, diversifikasi produk menyasar pada dua hal, yaitu kemandirian energi dan orientasi pasar. (Nur Aini HW_Penelitian Tembakau Jember, FIR_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar