FOKUS TINGKATKAN PRODUKTIVITAS, PTPN X SALURKAN 25 MILIAR UNTUK PETANI TEBU

Terbit pada Senin, 1 Nopember 2021

JOMBANG – Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X selaku anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) senantiasa mengutamakan pelayanan kepada petani tebu sebagai mitra utamanya. Bentuk pelayanan salah satunya terwujud melalui penyaluran dana Program Kemitraan Sinergi BUMN antara PTPN X dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk senilai Rp 25 Miliar, Sabtu (30/10) di Pabrik Gula (PG) Tjoekir Jombang. Acara ini dihadiri langsung oleh GM PG Tjoekir, Ahmad Zaenal Arifin dan Manager Operasional & Staf PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Jatmiko Subadi.

Dana sinergi BUMN ini nantinya akan digunakan untuk pembiayaan budidaya tebu para petani, mulai tanam sampai Tebang Muat Angkut (TMA). Sejumlah 349 petani tebu binaan sembilan pabrik gula milik PTPN X akan merasakan manfaat adanya dana program kemitraan ini.

“PTPN X selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada petani, salah satunya melalui penyediaan dana untuk kegiatan budidaya tebu. Harapannya, petani akan fokus terhadap pengelolaan di sisi on farm karena ada jaminan ketersediaan dana, mulai dari tanam sampai TMA,” tegas Ahmad Zaenal Arifin, GM PG Tjoekir.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen PTPN X dalam upaya mewujudkan swasembada gula nasional dengan fokus memproduksi gula berkualitas. Tidak hanya menjamin ketersediaan dana bagi petani, PTPN X juga pendampingan, bimbingan, dan pengawalan budidaya tebu agar mencapai angka produktivitas yang tinggi.

Ahmad Zaenal menambahkan apabila angka produktivitas tinggi, maka upaya pemenuhan target-target produksi tentunya akan dengan mudah tercapai. Hal tersebut diimbangi dengan evaluasi dan perbaikan di sisi off farm guna menekan angka jam berhenti dan losses.

Sinergi BUMN dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. ini sudah berjalan sejak Masa Tanam 2007/2008 dengan total penyaluran senilai Rp 159 Miliar hingga saat ini. Ke depannya, PTPN X akan menjalin sinergi serupa dengan BUMN lain, supaya ketersediaan biaya garap bagi petani tebu akan terjamin.

Posted in Press Release

Terdapat 0 komentar