DPR RI Ajak Petani Tebu Belajar Varietas Unggul di PTPN X

Terbit pada Kamis, 13 September 2018
Kabar perihal adanya lima varietas tebu unggul baru di PT Perkebunan Nusantara X sudah menyebar. Varietas unggul ini selain memiliki rendemen di atas 10 persen dan bobot tebu perbatang yang mencapai 4 kg lebih juga mudah dalam perawatan di kebun. Keunggulan tersebut membuat anggota DPR RI khususnya Komisi VI tertarik untuk mempercepat penyebaran varietas ini di Indonesia.
 
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Azam Azman Natawijana mengatakan untuk itu dirinya mengajak petani tebu dari Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso untuk melihat dan belajar bagaimana cara budidaya tebu varietas unggul baru yang berhasil dikembangkan di PTPN X.
 
"Orang Indonesia itu kalau hanya diberitahu saja kurang afdol. Makanya saya ajak petani tebu dari Banyuwangi, Bandowoso dan Situbondo ini untuk melihat dan mendengar sendiri testimoni dari petani di Mojokerto binaan PG Gempolkrep yang sudah berhasil," kata Azam dalam sambutannya pada acara Kunjungan Kerja Komisi VI DPR RI di Kebun Varietas Unggul Harapan di Dusun Tambang, Desa Karang Jeruk, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, Selasa (11/9).
 
Azam juga meminta kepada PG Gempolkrep dan petani tebu binaan PG Gempolkrep untuk bersedia berbagai ilmu bagaimana cara budidaya tebu varietas unggul yang sudah berhasil dikembangkan di lingkungan Mojokerto ini kepada perwakilan petani tebu yang diajaknya berkunjung ke Kebun Varietas Unggul Harapan ini. 
 
Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara X, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan pihaknya sangat senang dengan kehadiran dan keinginan petani tebu asal Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo yang ingin belajar tentang varietas tebu unggulan yang berhasil dikembangkan oleh petani tebu binaan PG Gempolkrep. 
 
"Kami juga sudah menyiapkan contoh bibit yang bisa dibawa pulang dan bapak-bapak petani bisa melihat tebu varietas unggul yang siap ditebang dalam waktu dekat," ungkap Dwi. 
 
Di akhir rangkaian kunjungan Komisi VI DPR RI dan petani tebu tersebut, rombongan melihat kondisi tebu varietas unggul yang tingginya hampir mencapai 5 meter dan siap ditebang dalam waktu dekat. (Red3, FIR_Sekper)
 
 
 
Posted in Berita

Terdapat 0 komentar