Distanbuna Jembrana Kagumi Kemajuan Penelitian Tembakau Jember

Terbit pada Kamis, 22 Desember 2016

Penelitian Tembakau PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X Jember kedatangan tamu dari Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan (Distanbuna)Kabupaten Jembrana Bali pada Senin, 19 Desember 2016. Maksud kedatangan adalah menambah ilmu pertembakauan mereka untuk memajukan komoditas tembakau di provinsi Bali, khususnya di Negara, Jembrana. Ilmu pertembakauan yang ingin digali mulai dari proses budidaya tembakau hingga penanganan pasca panen.

Pemaparan materi tentang tembakau disampaikan oleh Peneliti Proteksi Hama Penyakit Tanaman Vardianata Yoedistira Virdawan, Peneliti Laboratorium dan Kesuburan Tanah Subagio serta Peneliti Teknologi dan Prosesing Okta Prima Indahsari. Mereka memaparkan Profil Penelitian Tembakau Jember, proses budidaya tembakau mulai dari persiapan lahan hingga penanganan pasca panen di gudang pengolahan, hasil riset dari Penelitian Tembakau Jember seperti aplikasi online penanganan hama penyakit tanaman dan produk pillen untuk benih tembakau.

Beberapa pertanyaan yang dilontarkan tamu dari Pulau Dewata ini antara lain mengenai penerapan aplikasi online untuk petani tembakau, cara mengatasi gulma yang sering muncul pada tanaman tembakau di Bali, dan teknik pengolahan tanah yang baik.

“Kami sangat beruntung mendapat kesempatan studi banding ke Penelitian Tembakau Jember. Banyak ilmu yang kami peroleh untuk mengembangkan budidaya tembakau di daerah Bali yang selama ini masih berkutat di komoditas kopi, kakao, dan kelapa,” respon I Gusti Ngurah Arya Kusuma, Kepala Seksi Pengendalian Produksi Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Jembrana, Bali.

Pihaknya berkeinginan untuk berkunjung kembali ke Jember. Namun pada kunjungan kedua nantinya, ia berniat mengajak petani tembakau di Bali agar mereka mendapatkan pelatihan dan bimibingan langsung mengenai teknik budidaya dan penanganan hama penyakit tembakau dari Penelitian Tembakau Jember. (Mohamad Wawan S._Penelitian Tembakau Jember, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 1 komentar

Alexander Joharico said on Dec 28, 2016
Terima Kasih untuk infonya sangat bermanfaat
saya punya rekomendasi informasi tambahan referensi warta berita terkini
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/
Terima Kasih

Silahkan tambahkan komentar