Dirut PTPN X Kunjungi Lahan Agroforestry Tebu di Bojonegoro

Terbit pada Kamis, 3 Oktober 2019

BOJONEGORO – Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X, Dwi Satriyo Annurogo, lakukan kunjungan ke Lahan Perum Perhutani BKPH Celangap, KPH Bojonegoro pada Kamis (3/10). Kunjungan ini menindaklanjuti adanya kerjasama penggunaan dan pemanfaatan kawasan hutan untuk kegiatan budidaya tanaman tebu dengan Perum Perhutani yang telah berlangsung sejak Oktober 2017.

Kerjasama yang bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan ini terkait di antaranya pengerjaan lahan Perum Perhutani untuk kegiatan penanaman Agroforestry tebu seluas 5.661,5 Ha yang mana telah mendapat persetujuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Seluas 52,3 Ha lahan Perhutani di kawasan KPH Bojonegoro akan ditanami tebu dan dikelola langsung oleh Pabrik Gula (PG) Djombang Baru. Lahan ini nantinya akan ditanami varietas unggul baru, dengan potensi produksi 80 Ton/ Ha dan rendemen 9%.

“Kerjasama terkait pengerjaan lahan Agroforestry tebu ini sebagai upaya dari PTPN X untuk memastikan keajegan pasok BBT ke pabrik gula pada masa giling tahun 2020,”

Rencananya di tahun 2019 ini akan ada pengerjaan seluas 423 Ha. Sebelumnya, lahan yang telah dikerjakan berada di kawasan KPH Jombang seluas 108 Ha yang dikelola oleh PG Lestari. Selanjutnya, akan ada pengerjaan lahan di kawasan KPH Mojokerto seluas 253 Ha yang akan dikelola oleh PG Gempolkrep. (Ella_Unair, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar