Cek Persiapan Giling, Deputi Kementerian BUMN Kunjungi Dua PG PTPN X

Terbit pada Kamis, 9 Mei 2019

KEDIRI - Memasuki masa giling 2019, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro mengunjungi Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru dan PG Ngadiredjo di Kediri pada Rabu (8/5). Kunjungan tersebut didampingi langsung oleh Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X, Dwi Satriyo annurogo dan Direktur Operasional, Aris Toharisman. Dalam kesempatan tersebut, selain memeriksa kesiapan pabrik, Wahyu juga mengunjungi pabrik gula ritel dan melihat langsung kondisi tanaman di lahan HGU Sumberlumbu.

Kunjungan ini tujuannya adalah untuk mengetahui sekaligus melihat langsung ke lapangan bagaimana persiapan giling. Sementara itu PG Pesantren Baru dan PG Ngadiredjo sudah siap untuk giling.

“Dua PG ini kan yang sudah giling duluan, sebetulnya kami ingin menyeragamkan waktu giling, hanya saja Dirut PTPN X menginfokan bahwa di PG Pesantren Baru dan PG Ngadiredjo sudah siap, untuk itu kami coba lihat ke lapangan," ujar Wahyu

Dengan waktu giling yang berdekatan dengan hari raya Idul Fitri, Wahyu juga ingin memastikan bahwa hal ini tidak akan merugikan pabrik gula. "Musti dihitung, jangan sampai kita matikan mesin, nyalain lagi, keekonomiannya tidak dapat," ujarnya.

Namun dengan melihat bahwa dua PG yang sudah giling tersebut sudah menghasilkan gula, maka kekhawatiran tersebut dapat ditepis. Bahkan di PG Ngadiredjo juga sudah memiliki kelebihan ampas.

Secara umum, ia menuturkan persiapan giling di tahun 2019 cukup beragam. Menurutnya ada dua faktor yang harus jadi pertimbangan, yaitu kesiapan tanaman sebagai bahan baku dan kesiapan pabrik.

Untuk pabrik ia menilai rata-rata PG sudah mempersiapkan pabriknya dari jauh-jauh hari. "Tanamannya yang musti betul-betul dicek ke lapangan. Yang didominasi masak tengah dan akhir belum saatnya giling. Kebetulan di daerah Kediri, masak awal, memang harus ditebang," kata Wahyu (Red1, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar