Bekali Petani Muda, PTPN X dan PT PP Adakan Pelatihan Budidaya Tebu

Terbit pada Senin, 7 Januari 2019

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X kembali mengadakan pelatihan untuk petani tebu generasi milenial. Kali ini pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan menggandeng PT PP (Persero) Tbk. Pelatihan diikuti sekitar 30 petani tebu dari Pabrik Gula Pesantren Baru, Ngadiredjo, Meritjan dan Modjopanggoong.  

Sekretaris Perusahaan dan PKBL PTPN X Soekamto Partowidjojo mengatakan pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas sekaligus menekan biaya seefisien mungkin. Apalagi sebenarnya Indonesia memiliki potensi kondisi tanah yang mendukung untuk budidaya tanaman tebu.

"Jangan patah semangat. Kita harus tetap melakukan upaya perbaikan menurunkan HPP. Ke depan harus mekanisasi. Kendalanya adalah pengelompokkan lahan. Dengan kesadaran generasi milenial, pengelolaan secara berkelompok dapat mengefisiensikan biaya produksi," kata Soekamto saat membuka Pelatihan petani tebu generasi milenial. Sinergi BUMN antara PTPN X dan PT PP (Persero) Tbk dengan tema 'Dalam Rangka Memotivasi dan Transfer Knowledge Berbudidaya Tebu kepada Petani-petani Muda untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing di Wilayah Kerja PTPN X', Senin (7/1/2019) di Hotel Grand Surya Kediri. 

Pengarah PKBL PT PP Panji Decca Dunianto menambahkan, kerjasama antara PT PP dengan PTPN X sudah berjalan sejak 2014. "Melalui pelatihan ini diharapkan petani tebu bisa semakin maju. Dan kita tidak lagi menjadi pengimpor gula tapi bisa kembali menjadi pengekspor seperti saat zaman penjajahan Belanda dahulu," ujarnya. 

Materi yang diberikan dalam pelatihan kali ini yaitu Budidaya Tebu dan Tebang Muat Angkut (TMA), core sampler, dan e-farming serta testimoni dari petani tebu milenial. (Red1, CIN_Sekper)

 

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar