Agronom PTPN II Pelajari Pillen di Penelitian Tembakau Jember

Terbit pada Kamis, 15 Desember 2016

Rabu, 14 Desember 2016 Penelitian Tembakau Jember kedatangan tamu dari PTPN II yang berkantor pusat di Medan, Sumatera Utara.

“Hari ini kami menerima permintaan dari PTPN II untuk memberikan Pelatihan Laboratorium Pembuatan Benih Pillen Tembakau. Suatu kehormatan bagi kami dipercaya menjadi trainer agronom dari PTPN II. Kegiatan ini tidak semata transfer ilmu dan pengalaman saja. Namun lebih dari itu, pelatihan tersebut merupakan bentuk sinergi  antar PTPN yang sama-sama bernaung di bawah Holding BUMN Perkebunan,” terang Erna Anastasia DE, Kepala Penelitian Tembakau Jember.

Pelatihan pillen yang diikuti oleh partisipan tunggal ini, menurut Erna, akan digelar selama tiga hari. Adapun materi yang disampakan pada pertemuan perdana adalah Pengenalan tentang Pembuatan Benih Pillen Tembakau, Pembuatan Media Pillen dan Indukan Pillen.

Lebih lanjut, menurut wanita alumnus Jurusan Ilmu Hama Penyakit Tanaman IPB ini, pada hari kedua ada tiga materi yang dipaparkan, yakni Pembesaran Benih Pillen, Pembesaran Benih Pillen Lanjutan serta Sortasi dan Pengeringan Benih Pillen. Sedangkan hari terakhir, peserta akan disuguhi materi mengenai Pembesaran Benih Pillen Lanjutan, Pengujian di Laboratorium serta Pengujian Laboratorium dan Pengemasan.

“Pelatihan yang dihelat di Kantor dan Laboratorium  Penelitian Tembakau Jember ini diampu oleh tiga pemateri, yakni Kepala Penelitian Tembakau Jember, Peneliti Budidaya & Pemuliaan serta Petugas Pelaksana Pillen. Semoga pelatihan ini dapat menebar manfaat dan berjalan secara berkesinambungan,” pungkas Isti Wahyuti, Peneliti Budidaya & Pemuliaan Penelitian Tembakau Jember. (Okta Prima_Penelitian Tembakau Jember, FIR_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar