1.000 Liter Pupuk Hayati untuk Desa Gembongan

Terbit pada Selasa, 28 Nopember 2017

PT Energi Agro Nusantara (Enero) menyerahkan bantuan pupuk hayati cair Enero sebanyak 1.000 liter kepada Desa Gembongan, Gedeg, Mojokerto. Bantuan ini untuk mendukung upaya optimalisasi pupuk hayati pada tanaman pekarangan di desa tersebut. Bantuan diserahkan langsung oleh Fertilizer Plant Manager, Ariel Hidayat, Kamis lalu (23/11) kepada Tulus Wibowo, Kepala Desa Gembongan di Balai Pemerintahan Desa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Enero yang telah memberikan pupuk hayati kepada kami, khususnya warga desa Gembongan karena kami ingin mengembalikan struktur tanah yang jenuh. Jadi ini adalah kegiatan yang baik dan kami harapkan dapat berkelanjutan” jelas Tulus.

Desa Gembongan menjadi representatif bantuan pupuk hayati bagi lingkungan sekitar perusahaan. Selama ini, Desa Gembongan memang kerap aktif dalam budidaya tanaman. Tulus mengungkapkan, beragam tanaman dikembangkan di Desa Gembongan dan harapannya dapat diterapkan di seluruh desa. Terakhir kali, desa yang dipimpinnya memperoleh juara harapan pada program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Mojokerto.

“Saat ini penanaman tanaman pekarangan meliputi tomat, cabe, sawi, tanaman obat. Budidaya ini sudah dikembangkan pada tahun 2014 diawali dari program KRPL ibu-ibu PKK di daerah ini. Ke depannya tidak terbatas pada tanaman tersebut, kami juga menjajaki tanaman palawija seperti padi, untuk dipupuk enero” ungkap Tulus

Sedangkan dari sisi perusahaan, bantuan pupuk ini diharapkan memberikan dampak yang positif bagi warga sekitar.

“Selama ini di Gembongan, kami telah aplikasikan pupuk kami di tanaman tebu. Introduksi pupuk hayati kami ke tanaman pangan di pekarangan diharapkan manfaatnya dapat dirasakan warga secara langsung, terutama dalam pembenahan struktur tanah” ungkap Ariel Hidayat, Fertilizer Plant Manager Enero

Dominasi pemanfaatan pupuk hayati enero selama ini memang masih diperuntukkan untuk tanaman tebu di area Mojokerto. Selain itu tanaman lainnya seperti, nanas, pepaya, jagung, singkong dan lainnya diaplikasikan juga di berbagai area di Jawa Timur.

Bantuan pupuk ini merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat dan merupakan bentuk kepedulian bagi lingkungan sekitar. 

“Tidak menutup kemungkinan, desa-desa di sekitar pabrik lainnya akan menjadi sasaran tindak lanjut pemanfaatan pupuk hayati kami” tutup Ariel. (ARH_Enero, CIN_Sekper).

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar

Silahkan tambahkan komentar